Perbankan dan Keuangan Mikro

  • Bank Mini

PROFIL kompetensi keahlian PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO

Hampir mirip dengan Kompetensi keahlian Akuntansi, Kompetensi keahlian Perbankan juga banyak membekali siswanya dengan hitung-menghitung. Namun bedanya jurusan perbankan akan lebih berkonsentrasi pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bank seperti layanan nasabah, pembukuan, hingga pelaporan keuangan Bank.

Kompetensi Keahlian Perbankan ini nantinya selain bisa melanjutkan studi ke universitas dengan jurusan yang sama namun juga bisa langsung bekerja di bank-bank dan lembaga keuangan non bank lainnya seperti Asuransi, Leasing, Pegadaian, karena telah memiliki basic dalam tugas-tugas  dan pekerjaan di lingkup perbankan dan keuangan.

 

PENGANTAR

Sejarah Singkat SMK Negeri 9 Kota Bekasi

SMK Negeri 9 Kota Bekasi ini mulai didirikan pada tahun 2011 dengan nama USB SMK Negeri 9 Kota Bekasi, kondisi waktu itu masih menumpang di SDN Pekayon Jaya V di Jl. Damar Bekasi Selatan dengan rekomendasi pendirian dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi nomor 421/Kep.1190.Dik.2 tertanggal 21 April 2011. Selanjutnya pada tahun 2014 status USB SMK Negeri 9 resmi menjadi SMK Negeri berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor Tahun 2014

Pada tahun 2014, SMK Negeri 9 Kota Bekasi mendapatkan Akreditasi dengan hasil Memuaskan (A) berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M nomor 02.00/313/BAP-SM/SK/X/2014 tertanggal 15 Oktober 2014. SMK Negeri 9 beralamat di Jl. Cikunir Raya Gg. H. Abbas RT 01/RW 02 Kelurahan Jakamulya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi kode pos 17146 nomer telpon (021) 82436175

 

Selayang pandang Jurusan Perbankan SMK Negeri 9 Kota Bekasi

Pada saat berdirinya SMK Negeri 9 Kota Bekasi tahun 2011, saat itu di wilayah Kota Bekasi belum ada sekolah dengan Jurusan Kompetensi Keahlian Perbankan. Maka dapat dikatakan bahwa Kompetensi Keahlian Perbankan di SMK Negeri 9 Kota Bekasi merupakan satu-satunya jurusan pada saat itu. Dengan keterbatasan ruangan dan sarana prasarana yang ada, perlahan Kompetensi Keahlian Perbankan mulai berbenah diri.  Dimulai dari pembelian mesin standing money detector pada tahun 2012,  hal itu menjadi alat praktik satu-satunya saat itu. Pendirian bank mini juga dirintis pada tahun tersebut dengan menggunakan alat praktik yang sangat minim dan sistem masih manual.

Pada tahun 2013 SMK Negeri 9 Kota Bekasi sudah mempunyai gedung sendiri dan mulai melengkapi sarana prasarana praktik Kompetensi keahlian Perbankan.

 

Kunjungan Industri

Selain meningkatkan sarana prasarana, SMK juga dituntut agar siswa-siswi paham pembelajaran di luar sekolah yaitu dengan adanya kegiatan Kunjungan Industri.

Adapun Kunjungan Industri yang sudah dilakukan :

Tahun Ajaran 2013/2014        :  Bursa Efek Indonesia dan Museum Bank Mandiri

Tahun Ajaran 2014/2015        :  Bank Indonesia dan Museum Bank Indonesia

Tahun Ajaran 2015/2016        :  Bank Indonesia dan Museum Bank Indonesia

Tahun Ajaran 2017/2018        :  Politeknik Negeri Bandung Jurusan Akuntansi & Perbankan

Tahun Ajaran 2018/2019        :  Bank Negara Indonesia dan Museum Bank Indonesia

Setelah SMK Negeri 9 Kota Bekasi melakukan kunjungan industri ke Bank Indonesia pada tahun ajaran 2014/2015 ternyata SMK Negeri 9 Bekasi terpilih menjadi 10 sekolah dari tingkatan TK, SD, SMP, SMA, SMK di wilayah Jabodetabek yang mendapatkan bantuan CSR dari Bank Indonesia. Sebuah kebanggaan pada saat itu karena SMKN 9 Bekasi didatangi oleh Deputi Gubernur BI dengan acara yang bertajuk “Bank Indonesia Mengajar” yang bertepatan dengan HUT RI ke 70 dan Ulang Tahun Bank Indonesia yang ke 63. Seluruh civitas akademika SMKN 9 Bekasi menyambut baik kedatangan rombongan Deputi BI dan tim nya dan memberikan literasi perbankan kepada siswa-siswi Perbankan pada saat itu. Penyerahan bantuan CSR diberikan oleh Deputi Gubernur BI bidang Makroekonomi bapak Dwitya Soeyasa Besar kepada Kepala SMKN 9 Bekasi pada saat itu yaitu bapak Drs. Boan, M.Pd.

Pada tahun 2018, SMKN 9 Bekasi juga mendapatkan lagi bantuan CSR dari PT Pegadaian cabang Kalimalang dan diserahkan dari Pimpinan KC Kalimalang bapak Rahman kepada Kepala SMKN 9 Bekasi yaitu ibu Hj. Herlina, S.Pd, M.Si

 

Literasi Edukasi Perbankan dan Keuangan Mikro

Untuk kegiatan literasi Perbankan dan Keuangan juga sudah banyak dilakukan diantaranya :

  • Mengikuti kegiatan Expo IB Vaganza / Sosialisasi Perbankan Syariah di Mega Bekasi
  • Kegiatan Guru Tamu dari ASMI mengenai “Grooming untuk Persiapan Bekerja di Perbankan”
  • Kegiatan Guru Tamu dari Wardah mengenai “Beauty Class”
  • Mengikuti kegiatan Expo IB Vaganza / Sosialisasi Perbankan Syariah di Summarecon Mall Bekasi
  • Kegiatan Guru Tamu dari UIN mengenai “Sosialisasi Ekonomi Syariah”
  • Kegiatan Guru tamu dari ISP mengenai “Yuk Nabung Saham”
  • Kegiatan Guru Tamu dari PT Pegadaian mengenai “Pengenalan Produk Pegadaian”
  • Kegiatan Guru tamu dari Bank Syariah Bukopin mengenai “Budaya Kerja industri Perbankan”
  • Dan sebagainya

 

Sumber Daya Manusia di Jurusan Perbankan

Tenaga Pendidik di Kompetensi keahlian Perbankan sudah beberapa kali mengalami perombakan. Adapun Ketua Program Keahlian Perbankan saat awal SMKN 9 Bekasi berdiri antara lain :

Tahun 2011/2012 : Dewi Enggalaras, S.Pd

Tahun 2012/2013 : Riswanti, S.Pd

Tahun 2013/2014 : Riswanti, S.Pd

Tahun 2014/2015 : Amalia Kuswandani, SE

Tahun 2015/2016 : Ika Mutiyas Riyandini, S.Pd

Tahun 2016/2017 : Amalia Kuswandani, SE

Tahun 2017/2018 : Amalia Kuswandani, SE

Tahun 2018/2019 : Amalia Kuswandani, SE

Saat ini jumlah guru Perbankan mencapai 7 (tujuh) orang dari latar belakang Sarjana Ekonomi, Sarjana Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Koperasi, Magister Manajemen dan Manajemen Pendidikan.

Catatan sejarah lainnya adalah ditunjuknya salah satu guru Perbankan SMKN 9 Bekasi menjadi Tim penyusun soal UKG  (Uji Kompetensi Guru), yang diwakili oleh 2 orang yaitu dari SMKN 9 Bekasi dan SMKN 7 Tangerang, yang diadakan oleh Direktorat PSMK dan PPPTK Bisnis dan Pariwisata Sawangan Depok.

Selanjutnya guru-guru juga aktif dalam kegiatan peningkatan kompetensi guru produktif melalui Penyusunan Modul PKB yang diadakan oleh Direktorat PSMK dan Dirjen GTK. Kegiatan lainnya adalah ditunjuknya SMKN 9 Bekasi sebagai tim penyusun Soal-soal Ujian Nasional tahun 2017/2018 dari Direktorat PSMK. Kegiatan lainnya adalah terpanggil mengikuti diklat Nara Sumber Nasional Guru Pembelajar yang diadakan Dirjen GTK dan kegiatan diklat tingkat Propinsi lainnya seperti Diklat Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan sebagainya.

Yang terakhir, pada tahun 2017 mengikuti Diklat Asesor yang diadakan oleh sekolah jejaring LSP P1 SMKN 2 Bekasi dan tahun 2019 guru SMKN 9 diberikan amanah untuk menjadi Asesor Penguji di SMKN 5 Bekasi. 

Untuk kegiatan MGMP, SMKN 9 Bekasi ditunjuk sebagai Ketuanya dan sekretariatnya berada di SMKN 9 Bekasi. Saat ini beranggotakan sekitar 7 sekolah negeri dan swasta yang memiliki kompetensi keahlian Perbankan di kota Bekasi. Antara lain SMKN 6, SMKN 5, SMK Bhineka Nusantara, SMK Karya Bahana Mandiri, SMK Teratai Putih 2, SMK Bina Husada Mandiri, dan SMK Bistek.

 

Praktik Kerja industri

Perwujudan kebijaksanaan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, link and match pada Sekolah Menengah kejuruan (SMK) ialah penyelenggara dimana mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan/proses belajar mengajar, evaluasi hasil belajar sampai pada pemasaran tamatan menjadi tanggung jawab bersama antara SMK dan Industri pasangannya.

Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri adalah penyelenggaraan berdasarkan kurikulum yang disusun atas perpaduan program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langung di lini produksi Dunia Usaha/Dunia Industri secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Adapun MOU yang sudah disahkan ditandatangani antara lain :

  1. Bank Syariah Bukopin
  2. PT Pegadaian
  3. Asuransi Bumiputera Syariah
  4. PT Triguna Solusi Kontrol
  5. Koptamasi

Sedangkan beberapa perusahaan, baik Perbankan dan Lembaga Keuangan Non bank yang pernah dijadikan tempat PKL oleh siswa-siswi SMKN 9 Bekasi antara lain :

  1. Bank Syariah Bukopin KCP Bekasi
  2. Bank Tabungan Negara KC Bekasi Sudirman Kranji
  3. Bank Tabungan Negara KCP Harapan Baru
  4. Bank Tabungan Negara KCP Cibubur Ruko Madison
  5. Bank BNI Syariah KCP A.Yani
  6. Bank BRI KC Rawalumbu
  7. Bank BRI KC Pondok gede
  8. Bank BJB KC Bekasi Juanda
  9. Bank BJB KCP Bintara Kranji
  10. Bank BJB KCP Galaxy
  11. Bank BJB Syariah KCP Jatiwaringin
  12. Bank BTPN Bekasi
  13. BPR Sumber Arta Rahayu KC Sumber Arta
  14. BPR Dian Faraqo Gemilang KC Bintara
  15. BPR Parasahabat KC Kalimalang
  16. BPRS Harta Insan Karima (HIK) Bekasi
  17. BPRS As Salaam Aman Salman
  18. Bank lain-lain

 

Sedangkan Lembaga Keuangan Non bank yang pernah dijadikan tempat PKL oleh siswa-siswi SMKN 9 Bekasi antara lain :

  1. Asuransi Jasindo
  2. Asuransi Jiwasraya
  3. Asuransi Jasa Raharja
  4. Asuransi Bumi putera
  5. Asuransi Sequis Life
  6. Asuransi Sinarmas
  7. Asuransi Wahana Tata
  8. Leasing Adira
  9. Leasing Kredit Plus
  10. Leasing FIF Group
  11. Leasing Mandala Finance
  12. Leasing Radana Baskara Finance
  13. PT Martina Berto Pulogadung
  14. PT Pama Persada Nusantara Pulogadung
  15. PT Hi Steel Komsen
  16. PT TrIguna Solusi Kontrol
  17. PT Tricakra Services
  18. PT Sumi Asih
  19. PT Japa Meilindo
  20. PT DCT Solusindo
  21. PT Taspen
  22. PT Pegadaian KC Juanda, KCP Kalimalang, KCP Jatiwaringin, KCP Wisma Asri
  23. PT PLN Area Jakarta-Bekasi
  24. PT Pos Indonesia
  25. PT JLJJ (Jalan Tol Lingkar Luar)
  26. Kantor Pajak KPP Madya dan KPP Pratama
  27. Kantor Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi
  28. Koperasi : Koptamasi, Dekopinda, Kopkar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Visi Kompetensi Keahlian Perbankan

Mewujudkan kompetensi keahlian Perbankan sebagai insan yang Berakhlak Mulia, Cerdas dan Terampil pada tahun 2018.

Misi Kompetensi Keahlian Perbankan

  • Menyelenggarakan program pendidikan di bidang perbankan untuk mengembangkan sumber daya yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan bertaqwa.
  • Unggul dalam proses, berkepribadian menarik dan berakhlak mulia.
  • Memiliki jiwa kewirausahaan berdaya saing di tingkat nasional dan regional.
  • Menghasilkan tamatan sesuai tuntutan dunia industri.

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Perbankan

  • Menghasilkan tamatan yang mempunyai keunggulan kompetitif untuk menjadi tenaga perbankan maupun lembaga keuangan yang terampil, disiplin, tanggung jawab dan unggul dalam proses, berkepribadian menarik dan berakhlak mulia.yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/ dunia industri;
  • Mendidik peserta diklat dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang kompetensi keahlian Perbankan agar dapat bekerja baik secara mandiri dan kompetitif atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri
  • Mendidik peserta diklat agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang kompetensi keahlian Perbankan;
  • Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang memiliki daya saing di tingkat nasional dan regional

 

Lingkup pekerjaan Kompetensi Keahlian Perbankan

  • Frontliner
  • Teller / Kasir
  • Operator mesin hitung
  • Customer service
  • Administrasi bank / Clerk
  • Account Officer
  • Funding Officer
  • Telemarketing Bank
  • Analis Kredit
  • Penyusun laporan keuangan
  • Pelaksana (Penata buku muda) dalam lingkup akuntansi
  • Lembaga keuangan non-bank (Pegadaian, Asuransi, Leasing, Pasar modal, Dana pensiun, Koperasi Simpan Pinjam)
  • Dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

 

Kepala Sekolah

Hj. Herlina, S.Pd, M.Si

 

Struktur organisasi kompetensi keahlian Perbankan SMKN 9 Kota Bekasi

 

       
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Kurikulum Perbankan dan Keuangan Mikro

7.3.2.  Kompetensi Keahlian  : Perbankan dan Keuangan Mikro (3 Tahun)

 

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

318

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

212

3.

Bahasa Indonesia

320

4.

Matematika

424

5.

Sejarah Indonesia

108

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

352

Jumlah A

1.734

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

108

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

144

Jumlah B

252

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

108

2.

Ekonomi Bisnis

72

3.

Administrasi Umum

72

4.

IPA

72

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Etika Profesi

72

2.

Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet

108

3.

Akuntansi Dasar

180

4.

Perbankan Dasar

108

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Pengelolaan Kas

144

2.

Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro

488

3.

Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro

454

4.

Komputer Akuntansi

348

5.

Administrasi Pajak

280

6.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

524

Jumlah C

3.030

Total

5.016

 

 

 

 

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

 

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

2

 

2

 

2

 

2

 

2

 

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

3

3

2

2

4.

Matematika

4

4

4

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

3

3

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

3

3

3

3

4

4

Jumlah A

19

19

15

15

15

15

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

3

3

 

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

2

 

2

 

2

 

2

 

 

Jumlah B

5

5

2

2

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

3

3

2.

Ekonomi Bisnis

2

2

3.

Administrasi Umum

2

2

4.

IPA

2

2

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Etika Profesi

2

2

2.

Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet

3

3

3.

Akuntansi Dasar

5

5

4.

Perbankan Dasar

3

3

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Pengelolaan Kas

4

4

 

2.

Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro

 

 

 

6

 

6

 

8

 

8

3.

Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro

6

6

7

7

4.

Komputer Akuntansi

4

4

6

6

5.

Administrasi Pajak

4

4

4

4

6.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

7

7

8

8

Jumlah C

22

22

31

31

33

33

Total

46

46

48

48

48

48

 

 

 

 

 

Alat Praktik untuk Kompetensi Keahlian Perbankan

  1. PC / Laptop
  2. Printer kertas biasa Epson
  3. Mesin Standing Money Counter
  4. Mesin Portable Money Counter
  5. Money Detector UV
  6. Mesin Paper Shredder /Penghancur kertas
  7. Luv Folding Linen Tester
  8. Ultraviolet Lamp
  9. Telephone aiphone
  10. Aplikasi Software Bank Mini
  11. Passbook Printer Tabungan
  12. Kalkulator Tellstruk
  13. Kalkulator 12 digit
  14. Cash box
  15. Meja dan kursi Customer Service
  16. Meja dan kursi Teller
  17. Meja Slip
  18. Kursi tunggu nasabah
  19. Tiang antrian nasabah
  20. Papan kurs valuta asing
  21. Timbangan Emas

 

Bahan Habis Pakai untuk Praktik Kompetensi Keahlian Perbankan

  1. Slip Setoran bank
  2. Slip Penarikan bank
  3. Formulir Pembukaan rekening tabungan
  4. Formulir Pengajuan buku tabungan hilang
  5. Buku Tabungan
  6. Brosur produk bank
  7. Kertas Folio bergaris
  8. Kertas HVS A4
  9. Tinta printer
  10. Uang pecahan kertas dummy
  11. Karet ban uang
  12. Spons air untuk penghitung uang
  13. Kalender Meja dan Vas bunga untuk meja CS dan Teller
  14. Alat Tulis Kantor untuk CS dan Teller

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMENTASI